Cara Install & Setting Plugin Untuk WooCommerce (Wordpress)

Terakhir Diperbarui: 05-02-2024 09:11

Perhatian!

Halaman dokumentasi ini akan selalu diperbarui agar kompatibel dengan versi plugin TERBARU yang dirilis

Untuk menginstall plugin TriPay Payment di Wordpress, pastikan spesifikasi Wordpress & WooCommerce Anda sudah memenuhi minimum requirements/persyaratan yang tersedia.

Plugin tidak kompatibel dengan Woocommerce versi terbaru?

Silahkan nonaktifkan fitur HPOS woocommerce dengan cara:

  1. Tentunya pastikan anda sudah menginstall WooCommerce pada wordpress anda
  2. Buka menu WooCommerce > Settings > Advanced > Features
  3. Pada bagian Order data storage ubah menjadi Wordpress posts storage (legacy)
  4. Kemudian centang bagian Enable compatibility mode (synchronizes orders to the post table) seperti gambar dibawah ini:

Memulai Instalasi

  1. Masuk ke dashboard admin Wordpress Anda
  2. Masuk ke menu Plugin > Tambah Baru
  3. Masukkan kata kunci "tripay payment gateway" pada kolom pencarian plugin
  4. Klik Pasang Sekarang pada plugin TriPay Payment Gateway
  5. Setelah proses pemasangan berhasil, klik tombol Aktifkan

Proses instalasi telah berhasil. Langkah selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi plugin agar terhubung dengan akun TriPay Payment Anda.

  1. Masuk ke menu WooCommerce > Pengaturan lalu klik tab TriPay Global Configuration 
  2. Di halaman selanjutnya, tersedia form yang telah dilengkapi petunjuk untuk melakukan pengisian seperti misal Merchant Code, API Key, Private Key dll 
  3. Selanjutnya silahkan klik tab Pembayaran 
  4. Pada daftar metode pembayaran akan tersedia channel-channel pembayaran TriPay Payment yang siap dipakai. Klik tombol Siapkan 
  5. Di halaman selanjutnya akan ada form yang dapat Anda gunakan untuk mengatur metode pembayaran 
  6. Ulangi langkah nomor 4 dan 5 untuk channel pembayaran lainnya

Metode Pembayaran tidak muncul di halaman checkout?

Silahkan rubah tampilan halaman checkout dengan cara:

  1. Buka halaman WP Admin website Anda. Pada menu sidebar kiri, klik Pages > klik halaman Checkout yang otomatis ada ketika anda meng-install WooCommerce.
  2. Selanjutnya, klik List View untuk membuka daftar block > klik block Checkout > klik menu Transform to > pilih Classic Shortcode.
  3. Selanjutnya, halaman Checkout sudah berubah dari block menjadi Classic editor. Kemudian klik Update.

Setting Callback

Langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengatur callback agar plugin dapat menerima notifikasi transaksi. Caranya:

  1. Masuk ke menu WooCommerce > Pengaturan > TriPay Global Configuration
  2. Salin URL Callback yang tersedia
  3. Masuk ke akun TriPay Payment lalu klik menu Merchant lalu klik Edit sesuai merchant Anda
  4. Paste/Tempel URL Callback yang telah Anda salin sebelumnya ke kolom URL Callback
  5. Klik Simpan

silahkan masuk ke menu
> woocommerce
> setting
> products
> inventory
> manage stock di centang
lalu pada bagian hold stock dibuat 1440, agar menjadi 1 hari

Callback adalah metode pengiriman notifikasi transaksi dari server TriPay ke server pengguna. Untuk mendapatkan url callback woocommerce bisa dilihat di menu
> woocommerce
> setting
> tripay global configuration

Pastikan wordpres memakai zona waktu indonesia (UTC+7, UTC+8, UTC+9), bila belum memakai zona waktu indonesia, dapat diubah di menu
> Setting
> General
> Timezone

Whitelist IP merupakan ip cpanel/hosting/vps agan, silahkan copy IP tersebut lalu di pastekan di inputan whitelist ip yang tersedia

Silahkan coba masuk ke menu WooCommerce > Pengaturan > TriPay Global Configuration, centang opsi Aktifkan Debugging. Setelah itu coba lakukan transaksi kembali, lalu masuk ke menu WooCommerce > Status > Log, di pojok kanan atas pilih log dari TriPay. Di log tersebut akan diketahui letak kendalanya.